18 Apr 2019
Know Your Risk Profile
Sebelum mulai berinvestasi, kita sebaiknya mengenal profil resiko diri kita terlebih dahulu. Profil resiko sangat menentukan jenis investasi seperti apakah yang cocok dengan kita.

Ada beberapa faktor yang menentukan profil resiko seseorang, antara lain :

TIME FRAME INVESTASI (JANGKA WAKTU INVESTASI)
Kita harus mengetahui jangka waktu investasi yang kita inginkan. Jangka waktu investasi sendiri biasanya terbagi dalam 3 macam, pertama kategori Pendek (jangka waktu 1 – 3 tahun), kategori Menengah (jangka waktu 3 – 10 tahun) atau kategori Panjang (jangka waktu di atas 10 tahun). Semakin pendek jangka waktu investasi biasanya return yang didapatkan lebih kecil daripada investasi yang jangka waktunya lebih panjang.

USIA INVESTOR
Usia seorang investor juga mempengaruhi cara mereka berinvestasi. Pada umumnya, investor usia muda lebih berani mengambil resiko dibandingkan investor yang usianya sudah tidak muda lagi. Selain itu, investor usia muda memiliki rentang waktu investasi yang lebih lama, hal ini memungkinkan mereka untuk melakukan perubahan strategi investasi di tengah jalan jika terjadi kesalahan dalam berinvestasi.

PENGHASILAN INVESTOR
Penghasilan dan kestabilan financial investor juga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi profil resiko anda. Ketika anda sudah mempunyai penghasilan besar dan kestabilan ekonomi, anda boleh memilih untuk mengambil investasi dengan resiko yang lebih besar. Jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan scenario, anda masih mempunyai dana cadangan untuk mengcovernya. Ketika seseorang mempunyai penghasilan yang belum terlalu besar dan belum stabil, maka investasi yang cocok lebih ke arah investasi yang aman dan dapat diambil dalam jangka waktu pendek.

TUJUAN INVESTASI
Faktor krusial dalam investasi adalah mengetahui tujuan berinvestasi. Tujuan investasi menentukan jenis investasi yang anda pilih dan juga menentukan rentang waktu investasi yang anda pilih. Misal seseorang mempunyai tujuan berinvestasi untuk dana pensiunnya, maka ia dapat menempatkan investasinya pada instrumen yang memiliki return investasi yang tinggi dengan time frame yang panjang. Jika seseorang menginginkan tujuan investasi untuk membantu dalam pengeluaran bulanannya, maka investasi yang cocok adalah yang memberikan return yang fix dan memiliki likuiditas yang tinggi.

Pada dasarnya, ada 3 jenis profil resiko investor, antara lain :

1. Investor Konservatif
Investor tipe konservatif cenderung menyukai sesuatu yang aman dan pasti, tidak berani menghadapi kerugian dan ketidak pastian. Biasanya menyukai deposito ataupun semua jenis investasi yang return investasinya sudah jelas di depan. Kalaupun mereka investasi di instrument yang beresiko seperti saham, maka alokasi dananya sangat sedikit. Cenderung cocok untuk orang usia senior.

2. Investor Moderat
Investor moderat lebih berani mengambil resiko dibandingkan investor konservatif, mereka biasanya suka mengambil berbagai macam instrument investasi dari yang returnnya tinggi dan memadukannya dengan investasi yang returnnya rendah dengan membatasi jumlah dana yang diinvestasikan.

3. Investor Agresif
Investor tipe agresif berani mengambil resiko, siap jika dana yang diinvestasikan berkurang, cenderung menaruh investasi pada instrument yang mempunyai return investasi tinggi. Prinsip mereka adalah high risk high return. Biasanya investor tipe ini usianya masih relative muda. Saham adalah salah satu instrument investasi favorit tipe ini.

Copyright 2019 © All rights reserved Chrimacore
Website Development By Kibo Creative
CONTACT US
Tel: +6231 9924 1968
Tel: +6281 2345 88577
Email : info@chrimacore.com
OFFICE ADDRESS
Jl. Argopuro No.55A Sawahan
Kec. Sawahan - Surabaya
Jawa Timur 60251